Pada gedung-gedung dengan penggunaan kaca yang maksimal sebagai dinding, roller blind adalah sesuatu yang populer digunakan. Namun sudah pasti pula bahwa aplikasi roller window ini tidak hanya terbatas pada gedung dengan rumah kaca saja. Namun pada rumah pribadi, hunian, fasilitas publik atau bahkan rumah-rumah minimalis, window blind roller juga sering digunakan.

Karena merupakan produk yang populer dan digunakan secara luas, maka window blind roller juga memiliki banyak jenis. Perbedaan ini bisa diartikan dalam hal desainnya, sistemnya, mekanismenya, atau bahkan warnanya. Dengan demikian banyaknya jenis produk ini, maka kadang ditemukan pula kebimbangan untuk memilih manakah produk window blind yang paling tepat untuk digunakan.

3 Hal Utama Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Roller Blind

Lalu apa saja sebenarnya pertimbangan yang dibutuhkan dalam memilih blind roller untuk window yang tepat? Berikut uraian lengkapnya.

Pertimbangan Utama Penting Dalam Memilih Roller Blind yang Tepat

Dari sisi fungsinya, tentu roller window memiliki fungsi utama yang sama, yakni menjadi shield pada jendela dari sengatan matahari atau pun untuk keperluan privasi. Namun untuk memaksimalkan fungsinya yang juga terkait dengan unsur estetika dan interior, dibutuhkan pula kecermatan memilih produk yang paling sesuai kebutuhan.

Dan berikut adalah lima pertimbangan yang bisa digunakan dalam memilih blind roller untuk aneka macam jendela atau pun dinding yang ideal.

Privasi atau Brightness

Untuk pertimbangan yang pertama adalah tentukan terlebih dahulu tujuan dari pemasangan blind roller yang ingin dibeli, apakah untuk pencahayaan atau brightness atau kah untuk privasi. Jika seumpamanya untuk keperluan brightness, maka warna dan mekanisme operasionalnya dapat dijadikan pilihan utama. Bukaan blind roller yang sectional dan tetap mampu menghadirkan cahaya untuk ruangan dapat saja menjadi pilihan.

Namun jika kemudian yang dijadikan tujuan adalah privasi, misalnya untuk ruangan hiburan, ruangan karaoke dan lainya, maka blind roller dengan motif gelap dan mampu membendung cahaya dengan sempurna adalah yang disarankan.

Mekanis atau Manual

Pertimbangan selanjutnya yang dapat digunakan adalah tetapkan lebih dulu apakah ingin menggunakan window roller yang dioperasikan secara manual, atau kah yang dioperasikan menggunakan mekanis teknologi. Untuk yang dioperasikan menggunakan energi mekanis juga dapat dipertimbangkan lagi, apakah akan menggunakan model nirkabel atau mungkin menggunakan yang sistem corded atau kabel.

Roller window manual tentu saja tidak se-simple dengan penggerak mekanis saat digunakan. Namun roller dengan penggerak mekanis pun perlu ditinjau lagi apakah itu cocok jika digunakan dengan kondisi jendela yang dimiliki. Atau jika memiliki anak kecil atau pun binatang peliharaan, roller window menggunakan kabel juga perlu dipikirkan ulang keamanannya sebelum memutuskan untuk dibeli.

Estetika dan Harga

Unsur selanjutnya yang dapat dijadikan pertimbangkan sebelum membeli roller window yang ideal adalah unsur estetikanya. Dalam mempertimbangkan hal ini tentu juga tidak dapat lepas dari kesesuaian model jendela, ruangan, desain interior dan segala sesuatu yang nantinya akan menunjang performance roller window tersebut.

Lalu faktor terakhir yang tidak kalah penting untuk dijadikan pertimbangan adalah mengenai harga produknya sendiri. Harga adalah pembatas dan penentu antara jenis roller window yang dibutuhkan dan yang hanya sekedar diinginkan. Sangat penting untuk bijak dan tidak memaksakan diri dalam membeli produk yang pertimbangannya hanya berdasarkan visual semata.

Nah berbagai pertimbangan di atas dapat dijadikan panduan bagi anda untuk memilih roller blind murah yang tepat. Hindari terburu-buru dalam memilih.