Menyukai dunia berkebun tanaman hias atau tanaman jenis lainnya? Maka tidak ada salahnya mencoba peluang bisnis jual tanaman online yang ternyata punya prospek menarik. Bisnis online terus bergeliat dan semakin kompleks jenis produk atau jasa penulis SEO berkualitas yang dijual. Tak hanya produk fashion ataupun elektronik saja, namun juga tanaman hias.

Tips Berjualan Tanaman Hias via Internet

4 Tips Sukses Menekuni Bisnis Jual Tanaman Lewat Internet 

Ada banyak pecinta tanaman hias di tanah air maupun di  berbagai negara seluruh dunia, varian tanaman yang disukai pun terus berkembang. Tak sebatas pada tanaman lokal yang mudah dijumpai di negara sendiri, akan tetapi juga tanaman-tanaman yang berasal dari  berbagai negara yang malah banyak diburu para pecinta tanaman hias.

Sulitnya menemukan tanaman yang cantik, sehat, dan terbilang langka membuat banyak pemburu tanaman beralih ke internet. Jumlah pencari tanaman hias di internet pun semakin bertambah banyak dari hari ke hari. Dibanding menghabiskan waktu memakai internet untuk hal tidak penting, silahkan memanfaatkannya untuk bisnis. Salah satunya bisnis jual tanaman online.

Agar bisa sukses dengan peluang bisnis online satu ini, maka tidak ada ruginya mengaplikasikan beberapa tips berikut ini:

1. Menentukan konsep yang tepat

Selain kebutuhan fisik toko, tidak akan dijumpai perbedaan lebih mencolok diantara bisnis online dengan offline. Hal ini juga berlaku ketika memutuskan menjual tanaman lewat lapak online, karena tetap membutuhkan penentuan konsep. Sehingga perlu ditentukan sejak awal agar lebih fokus dan mudah menjaring pelanggan.

Konsep untuk bisnis tanaman online ini cukup beragam dan tidak berbeda ketika ditekuni secara offline. Mulai dari konsep urban gardening, small plants, big plants, dan lain sebagainya. Mengapa perlu menentukan konsep? Agar lebih mudah menentukan tanaman apa saja yang dijual dan menyasar pasar seperti apa. Sebab setiap orang memiliki jenis tanaman tertentu yang difavoritkan dan akan mencarinya di internet.

2. Menentukan jenis tanaman yang akan dijual

Tips kedua adalah berkaitan dengan jenis tanaman yang akan dijual, dan memang idealnya sudah ditentukan sejak awal. Jenis tanaman ini akan berhubungan sekali dengan konsep yang sudah dipilih sebelumnya sesuai uraian di atas. Konsep yang dipilih akan memengaruhi jenis tanaman apa saja yang cocok dengan konsep tersebut.

Mempermudah pengelolaan bisnis jual tanaman online sebaiknya memilih jenis tanaman yang mudah didapatkan. Jika sambutan pasar bagus maka bisa menambah koleksi tanaman yang dijajakan dan mencoba tanaman yang langka sampai perawatannya lumayan susah. Semakin susah didapat dan dirawat otomatis wajar jika dibandrol lebih mahal.

3. Menentukan nama toko online yang pas

Nama toko juga penting untuk diperhatikan karena dengan nama yang menarik dan unik dijamin lebih mudah menggaet pelanggan. Selain itu juga mudah diingat sehingga bisa langsung dicari oleh calon pelanggan ketika membutuhkan tanaman hias jenis tertentu. Usahakan memilih nama toko yang simpel, mudah diingat, dan sesuai dengan konsep yang telah dipilih.

4.  Mengelola lapak dengan benar

Toko online memang tidak perlu dijaga setiap saat, bisa dikelola sembari berkebun atau melakukan aktivitas lainnya. Namun bukan berarti hanya dikelola secara asal-asalan, tetap perlu dijalankan dengan profesional. Misalnya selalu update informasi melalui postingan ataupun story, sehingga banyak yang melihat dan merasa toko online Anda lebih kredibel.

Berjualan tanaman lewat internet memberi peluang baru untuk mencicipi bisnis online yang tidak harus punya toko fisik dan modal besar. Jika suka berkebun atau suka dunia tanaman tentunya sangat tepat jika menekuni bisnis jual tanaman online ini.