Cara Menginstall Android Sesuai Sistem Operasi

Bagi para developer android atau untuk kamu yang penasaran dan ingin mencoba untuk emulasi aplikasi Android dengan menggunakan laptop, pastinya kamu sudah mengetahui aplikasi IDE Android dan emulator seperti Android Studio. Aplikasi ini disukai banyak developer, sebab Android Studio merupakan IDE resmi dari Google untuk membuat program dan emulasi Android.

Bingung bagaimana cara install android studio? Tenang, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan.

Sebelum menggunakan aplikasi Android Studio, ada baiknya kamu mengetahui cara untuk menginsal aplikasi ini. Berikut ini ada beberapa cara menginstall android studio berdasarkan dengan sistem operasi milik laptopmu:

Cara Install Android Studio untuk Windows

Pertama akan dibahas cara menginstall android studios di Wondows

  • Download Android Studio

Sebagai langkah awal, kamu harus mendownload aplikasi ini dengan mencari di Google. Aplikasi yang akan kamu dapat ini masih dalam bentuk mentah, sehingga kamu perlu menginstalnya setelah aplikasi terdownload. Setelah itu, kamu dapat langsung melakukan instalasi Android Studio di Windows milikmu.

  • Install¬†Android Studio

Setelah berhasil mendownload Android Studio, kamu dapat mulai proses instalasi dengan mengklik dua kali pada aplikasi. Namun tak sedikit orang yang mengalami kendala saat ingin memulai proses instalasi ini, jangan khawatir karena kamu dapat menggunakan cara lainnya yaitu dengan menggunaan run as administrator. Setelah berhasil kamu dapat mengikuti petunjuk instalasi sampai selesai.

  • Pilih JDK atau Binari Java

Sebelum menginstal aplikasi Android Studio, kamu harus menginstal Java JDK. Kalau kamu belum memliki Java JDK, kamu juga dapat menggunakan binari Java dan instal sesuai Windows milikmu. Tetapi ketika aplikasi Android Studio ini tidak dapat mendeteksi kedua aplikasi tersebut, kamu harus menambahkan direktorinya secara manual. Caranya juga cukup mudah, kamu dapat membuka My Computer, kemudian masuk pada System Properties dan Advance System properties. Setelah itu buka tab Advanced dan Environment Variabels, lalu tambah JAVA_HOME. Setelah selesai, kamu dapat melanjutkan proses instalasi sesuai petunjuk.

Cara install Android Studio di Mac

Cara Menginstall Android Sesuai Sistem Operasi

Cara install android untuk Mac ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Windows. Namun ada file serta proses penginstalan yang sedikit berbeda dengan Windows. Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menginstal aplikasi Android Studio di Mac milikmu:

  • Download Android Studio

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendownload file mentah Android Studio dari Google. Jenis file untuk Mac ini biasanya bertanda *.dmg dan untuk selanjutnya kamu dapat menyimpannya untuk proses instalasi.

  • Instali Android Studio

Setelah kamu berhasil mendownload aplikasi Android Studio, sekarang saatnya kamu melakukan instalasi dengan melakukan proses yang sama seperti pada Windows. Klik dua kali dan ikuti proses instalasi sampai selesai, agar proses instalasi berjalan lancar, jangan lupa install binari agar instalasi tidak mengalami kendala berarti.

Simak Juga : Nokia Reborn!! Ini Dia 5 Fakta Menarik Tentang HP Legendaris Nokia

  • Pilih JDK atau Binari Java

Kalau kamu belum memiliki aplikasi binari Java, biasanya sistem akan meminta kamu untuk menginstalnya terlebih dahulu ketika proses penginstalan Android Studio ini berjalan. Setelah berhasil kamu dapat menalnjutkan proses instalasi Android Studio ini sampai selesai. Namun perlu diperhatikan, aplikasi Android Studio ini biasanya mengalami kendala bila dilakukan dengan menggunakan Java 1.8, untuk mengatasinya kamu dapat menggunakan Java 1.6 agar dapat berjalan lancar.

Itulah beberapa cara install android berdasarkan dengan sistem operasi milikmu, selamat mencoba.