dampak-positif-dari-berbagai-jenis-permainan-anak

Masa kanak – kanak adalah masa dimana individu sangat suka sekali bermain, mau itu bermain sendiri ataupun bermain dengan teman sebayanya. Dalam sebuah permainan anak tentunya itu tidak hanya untuk membuat anak senang saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai media untuk anak belajar.

Jadi ketika anak bermain, dia tidak hanya menangkap keseruan dalam permainan tersebut saja akan tetapi juga menangkap pelajaran yang bisa diambil dari permainan tersebut. Terlebih lagi jenis permainan anak itu adalah permainan yang hanya bisa dimainkan oleh 2 orang anak ataupun lebih.

Salah satu jenis permainan yang biasanya ada di mainan playground anak tersebut adalah jungkat-jungkit. Ini adalah jenis permainan anak yang hanya bisa dimainkan oleh 2 orang ataupun lebih. Dalam jenis permainan jungkat-jungkit, anak tidak hanya di ajarkan untuk bermain saja, namun bisa juga di ajarkan hal lain.

 

Permainan Anak Jungkat-Jungkit

Dan berikut ini adalah beberapa dampak positif yang bisa dihasilkan dengan anak bermain jungkat-jungkit, diantaranya yaitu :

  • Melatih Rasa Kerjasama

Ketika bermain jungkat-jungkit tentunya seorang anak harus mengajak temannya yang lain agar permainan tersebut dapat berjalan lancar. Namun tentu tidak hanya itu saja, dia dan temannya juga harus memiliki rasa kerjasama yang baik agar jungkat-jungkit dapat berjalan.

Ketika salah satu dari mereka tidak bisa diajak kerjasama, maka yang satunya juga tidak bisa menjalankan permainan itu hanya sendiri saja. Intinya adalah dalam jenis permainan ini dari ke dua anak tersebut harus mau bergantian untuk mengangat jungkat-jungkit agar dapat bergerak. Jika yang satu mau dan yang satunya tidak mau, maka permainan itu tentunya tidak bisa dimainkan.

  • Mengontrol Rasa Egois

Selain kerjasama, pada permainan jungat-jungkit anak juga bisa diajarkan akan cara mengontrol rasa egois. Jadi ketika rasa egois itu muncul dan anak hanya ingin berdiam diri dan menimkati permianan tersebut, permainan tidak akan bisa bergerak. Berbeda jika anak bisa sama-sama mengontrol egois mereka, pastinya jungkat-jungkit akan bisa berjalan dengan baik.

  • Mengajarkan Rasa Solidaritas

Anak mungkin masih belum mengerti akan arti dari solidaritas itu apa, namun dengan bermain permainan ini nantinya anak akan sedikit paham tentang apa yang disebut dengan solidaritas. Solidaritas dalam dunia anak adalah mereka mau berbagi dan mengajak bermain bersama dengan teman lainnya. Jadi jika anak ingin bermain jungkat-jungkit, mereka harus mau mengajak temannya yang lain untuk main bersama, sebab permainan itu tidak akan bisa dimainkan oleh satu orang saja.

Itu adalah sedikit dampak positif yang bisa di dapatkan anak dengan bermain di sebuah tempat playground anak. Tentunya itu juga perlu didampingi oleh orangtuanya sendiri, tidak mungkin anak akan dengan sendirinya bisa mengerti itu semua jika awalnya tidak di ajarkan. Maka dari itu peran orang tua juga sangatlah penting ketika anak sedang bermain disebuah media permainan.