Produksicetak.com – Saat seseorang memesang tali lanyard untuk atribut perusahaan atau event tertentu mereka dihadapi dengan pilihan material yan beragam. Tentu bagi orang awam spesifikasi yang detail bisa membingungkan. Yang jadi patokan biasanya hanyalah harganya. Padahal tidak sulit mencari info tentang material lanyard yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kenali Plus Minus Nylon Sebagai Material Tali Lanyard

Tali Lanyard Dari Nylon, kenali Lebih Dekat

Bahan nylon adalah material populer yang biasa digunakan untuk lanyard tali yang bisa menggantung ID Card. Nylon sendiri cukup umum untuk berbagai ornamen seperti tas dan dompet. Jadi bukan hanya untuk buat tali ID Card saja. Nylon yang terbuat dari serat sintetis buatan memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Ketahuilah kekurangannya agar bisa memutuskan apakah tetap ingin buat lanyard dari nylon.

1. Elastisitas

Bahan nylon memiliki bentuk yang bisa diregangkan sampai 15% dari ukuran aslinya. Sehingga tidak mudah rusak kalau ditarik-tarik. Namun sayangnya material ini kalau terus-menerus digunakan dengan sembarang dan terlalu sering dapat daya tarik bisa rusak.

2. Keawetan

Kelebihan lain dari material nylon adalah resistensi pada sinar matahari, mulai dari segi kekuatan, hingga resistensi terhadap air dan sinar matahari. Sejak dulu nylon adalah bahan yang awet. Sayangnya tidak demikian halnya dengan air. Bila kena air, material nylon akan susah kering dan bisa tengelam pada tempat yang banyak airnya. Namun jadi berarti, penggunaan bawah air jadi cocok pakai material ini.

3. Ketahanan

Bahan nylon sangat kuat dan mudah regang. Namun jangan dekat-dekat dengan sumber panas. Material ini mudah meleleh bila dekat panas dan merubah bentuknya dan tidak bisa digunakan lagi. DIbandingkan material lanyard lainnya, nylon lebih cepat meleleh karena seratnya yang sintetis tidak tahan api.

Di dunia percetakan kita gunakan berbagai material. Kenali plus minusnya dan kombinasikan dengan cara cetak dengan media yang paling pas. Nylon hanya salah satu dari pilihan yang bisa dijadikan opsi. Bisa saja tali ini digunakan untuk jadi lanyard tali namun harus memahami dulu kekurangannya.