Setiap perusahaan pasti akan memberikan kartu nama dan tanda pengenal pada karyawannya. Sama tapi tak serupa, kartu nama biasanya diberikan perusahaan pada atasan atau karyawan yang posisinya bertemu banyak orang untuk menjalin kerja sama seperti marketing. Sedangkan tanda pengenal diberikan kepada seluruh staff karyawan sebagai tanda pengenal individu yang biasanya dikalungkan pada leher menggunakan tali yang didesain khusus.

Sebutannya adalah tali lanyard. Tali yang juga disebut sebagai tali ID card ini bisa didesain sesuai dengan keinginan, seperti penambahan tulisan nama perusahaan atau logo perusahaan. Bahan tali beragam, ada yang tampilannya doff, kilap, dengan ukuran besar atau kecil, dan lain sebagainya.

Bahan Tali Lanyard

Seperti telah disinggung sebelumnya bahan tali tanda pengenal ini beragam. Kalau Anda pernah menjumpai karyawan yang menggunakan tali ID card dengan kesan kilap, itu terbuat dari bahan polyester nilon. Saat diraba, tali dari bahan ini akan terasa kasar dan nampak bentuk sulaman.

Kedua yaitu terbuat dari polyester doff. Bahan ini hampir sama dengan nilon, bedanya warnanya doff (tidak mengkilap). Lalu ada polyester tube atau dikenal juga dengan sarung. Sama seperti nilon atau doff, permukaan tali ini kasar dan terlihat bentuk sulamannya, dan bentuknya seperti sedotan (tabung).

Bahan Tali Lanyard

Bahan tali lanyard yang keempat yaitu reflektif. Nama lain dari bahan scotchlite ini memiliki keunikan tersendiri yaitu dapat memantulkan sinar. Sangat cocok jika Anda suka dengan barang-barang unik. Bahan terakhir dan katanya yang paling bagus adalah polyester tissue. Bahan ini beda dari polyester jenis lain karena permukaannya halus. Serta merupakan bahan tali tanda pengenal yang kuat dan daya tahannya lama.

Selanjutnya setelah Anda memilih bahannya, tali akan melalui proses desain yang dicetak dengan cara sablon (screen printing) dan digital printing. Namun, jika tidak ingin penambahan desain maka tali bisa langsung digunakan begitu saja dengan tambahan komponen yang dibutuhkan.

Komponen Tali Tanda Pengenal

Komponen ini terbagi atas empat macam, yaitu pengait, stopper, tempat kartu, dan tali itu sendiri. Pengait ini berfungsi sebagai kaitan yang menghubungkan antara tali dengan tempat kartu. Bentuknya beragam, ada yang oval, kail pancing tapi tertutup, dan lain sebagainya. Kait itu nantinya akan dikaitkan pada lubang tempat kartu supaya tanda pengenal bisa dikalungkan.

Selanjutnya adalah stopper yang letaknya berada di atas pengait. Perannya untuk memisahkan bagian tali lanyard (untuk dikalungkan ke leher) dan tali untuk tempat pengait. Menariknya, modelnya juga beragam sehingga pemilihannya akan turut memengaruhi tampilan tanda pengenal Anda.

Komponen Tali Tanda Pengenal

Sedangkan untuk tempat kartu ini umumnya dibuat dari bahan plastik tebal. Warnanya beragam, ada yang full transparan, ada pula yang multi warna. Belakang berwarna hitam atau biru, tapi pada bagian depan transparan (bening). Begitu pula dengan bentuknya, ada yang memanjang ke samping dan ada juga yang bentuknya memanjang ke atas.

Pada umumnya tali tanda pengenal ini dijual terpisah dengan tempat kartu. Sedangkan tali, pengait, dan stopper dijual dalam satu rangkaian. Namun, jika Anda menginginkan desain khusus yang menampilkan ciri khas perusahaan, maka bisa datang pada produsen yang jual tali polyester lanyard. Mulai dari ukuran dan bahan tali, model stopper dan pengait, serta komponen lain bisa Anda pilih sendiri sesuka hati. Tali tidak ada yang menyamai dan memiliki tampilan yang sesuai dengan citra perusahaan.