Menstruasi memang merupakan siklus bulanan yang pasti dialami oleh setiap wanita. Saat datang tamu bulanan ini, tentu setiap wanita menimbulkan reaksi yang berbeda-beda, ada yang sering PMS, nyeri haid, bahkan ada yang pingsan karena banyaknya darah yang keluar.

Nah, untuk mengatasi hal ini ada banyak sekali caranya loh, salah satunya adalah harus tepat dalam memilih jenis pembalut, bisa dilihat review untuk memilih yang tepat di mediapenulis.com. Kini pembalutĀ pun ada macam-macam nya, namun kalau kamu mencari yang aman digunakan, berikut ini beberapa jenis yang akan kita ulas satu per satu.

Menstrual Cup, Sedang Menjadi Tren di Kalangan Generasi Sekarang

Review: 5 Jenis Pembalut Yang Terjamin Aman Digunakan Saat Menstruasi

Yang pertama adalah menstrual cup. Sesuai dengan namanya, menstrual cup ini berupa cup yang berguna untuk menampung darah haid. Bentuknya seperti cangkir dan digunakan dengan dimasukkan ke dalam vagina. Kalau dibandingkan dengan pembalut kain dan pembalut kapas yang biasa, menstrual cup ini jauh lebih hemat.

Karena, dengan membeli satu menstrual cup, ia bisa digunakan selama belasan tahun ke depan. Bahan yang digunakan juga silikon yang dijamin aman dan tidak berbahaya untuk area kewanitaan. Tapi, dari segi harga memang fantastis sih, untuk satu menstrual cup ini, bisa kamu beli dari 300-600 ribu.

Pembalut Herbal Natesh

Yang kedua yang jelas aman untuk digunakan saat sedang menstruasi adalah Natesh. Produk ini sangat aman karena terbuat dari bahan herbal, sehingga saat dipakai akan menimbulkan sensasi dingin dan nyaman. Memakai Natesh juga mencegah gatal di daerah vagina.

Nah, di tengah-tengah pembalut ini juga terdapat unsur magnetic, yang bisa membuat darah keluar tanpa menggumpal. Jadi, saat ada darah yang masih berbentuk gumpalan, magnet ini akan membantu ia mencair dan masuk ke dalam pembalut. Natesh ini bisa ditemukan di apotik terdekat dengan harga kisaran 30 ribuan per pack.

Pembalut Herbal Avail

Hampir sama dengan Natesh, Avail juga merupakan pembalut yang sudah sangat terkenal karena nyaman dan menimbulkan bau wangi saat dipakai. Saat kamu memakainya, akan ada sensasi dingin menthol yang ditimbulkan.

Memakai Avail juga bisa mengurangi rasa nyeri selama haid. Bahan alami yang dipakai untuk membuat pembalut ini memungkinkan kamu terhindari dari gatal dan sensasi lain di daerah kewanitaan. Avail juga bisa kamu temukan di apotik terdekat dengan harga kisaran 30 ribuan.

Tampon, Bahan Pembalut dari Kapas

Berikutnya adalah tampon. Bentuk tampon ini bisanya panjang, dan digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina. Nantinya, darah yang keluar akan terserap secara langsung ke dalam kapas tampon ini. Tampon banyak digunakan oleh para atlit saat mau bertanding. Sebenarnya, tampon ini hampir sama dengan menstrual cup, hanya saja ia bersifat seperti pembalut pada umumnya, sehabis pakai maka harus dibuang.

Pembalut Kain Reusable

Terakhir, ada pembalut kain yang memang terbuat dari bahan pakaian/kain. Pembalut ini jelas tidak mengandung pengawet dan bahan pemutih yang berbahaya untuk wanita. Keunggulannya pembalut kain ini reusable alias bisa dicuci dan dipakai lagi saat kamu menstruasi di bulan berikutnya. Tetapi, kelemahannya adalah cepat tembus, karena kain tak punya lapisan penahan darah yang biasanya terbuat dari bahan plastic.

Nah, kelima jenis pembalut di atas punya keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun, yang jelas mereka tidak mengandung pemutih, araupun tidak terbuat dari kertas bekas seperti yang sering diberitakan. Pembalut di atas bisa mengurangi rasa nyeri saat menstruasi dan juga bisa membuat wanita lebih nyaman. Tinggal kamu deh mau pilih yang mana.