Carauntukmembuat.com – Tiket gelang jelas lebih efektif dan efisien dari pada tiker konvensional. Selain sebagai tiket, model ini juga dapat dijadikan sebagai fashion alternatif.

Bagaimana pun juga, tiket gelang jauh lebih efektif dibanding tiket biasa. Disaat tiket biasa harus disimpan di dalam kantong supaya tidak tercecer. Tiket gelang dapat dikenakan di tangan sambil berjalan dengan bebas. Bahan tiket gelang yang fleksibel dan tahan air memungkinnya untuk dibawa dalam berbagai aktivitas apa pun.

Tiga Langkah Penting Dalam Membuat Tiket Gelang

Tiga  langkah penting membuat tiket gelang

Namun tiket gelang yang baik juga tidak asal bikin saja supaya mendapatkan hasil yang maksimal.  Dibutuhkan persiapan yang matang dan teliti sebelum dicetak pada mesin printer. Persiapan mulai dari pemilihan bahan untuk tiket gelang yang tepat, desain yang oke, sampai pula pada pemilihan jasa produsennya. Semua perlu dilakukan dengan cermat supaya tidak mengecewakan di belakang hari.

Lantas apa saja persiapan yang diperlukan untuk membuat sebuah tiket gelang, berikut kita bahas satu persatu.

Pilih produsen yang telah terbukti bagus

Ini adalah langkah awal untuk mendapatkan hasil tiket gelang yang sesuai ekspektasi. Dengan memilih produsen tiket gelang yang sudah teruji dan reputasinya baik, kita tidak perlu merasa khawatir bagaimana prosesnya akan dilakukan.

Selain itu langkah pertama ini juga membuat kita dapat melihat secara langsung fortopolio produk yang telah mereka hasilkan. Selain sebagai verifikasi kualitas tiket gelang yang akan kita inginkan telah sesuai dengan stadard. Ini juga dapat menjadi cara lain untuk melakukan komparasi pada jenis-jenis dan strata kualitas tiket gelang yang dapat dijadikan perbandingan. Baik dari desain, hasil cetakan, maupun kekuatan bahan tiket gelang itu sendiri.

Pilih bahan yang paling tepat

Secara umum dikenal dua jenis bahan utama sebagai pembuat tiket gelang. Yang pertama adalah Kertas Art Paper. Dan yang kedua adalah kertas Vinyl Elmo. Baik kertas art paper mau pun kertas vinyl elmo, semuanya memiliki sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kertas art paper secara biaya lebih ekonomis. Namun bahan ini rentan terhadap air dan gampang robek. Sementara bahan kertas ninyl Elmo dari sisi harga mungkin lebih tinggi daripada art paper. Namun dari sisi ketahanan, ini sangat direkomendasikan.

Bahan vynil anti robek, lebih lentur, anti luntur, dan bisa dibawa untuk aktivitas berenang yang notabene terendam air. Bahan kertas tiket gelang yang terbuat dari vynil ini adalah yang paling umum digunakan.

Pilih desain yang paling sesuai

Setelah mendapat tempat produksi karet gelang yang tepat dan juga bahan yang ideal, langkah ketiga adalah menentukan desain yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini kembali lagi kepada spesifikasi tiket gelang itu sendiri nantinya. Apakah desain yang kita inginkan cukup tepat jika diaplikasikan pada bahan dan ukuran tiket gelang yang telah kita tetapkan sebelumnya.

Jika tahap-tahap ini telah sesuai, maka proses pembuatan tiket gelang sudah dapat dimulai. Namun sebelum kemudian memutuskan untuk memulai proses produksi dalam jumlah banyak, tidak ada salahnya meminta kepada pihak produksi untuk membuat sampel beberapa pcs terlebih dahulu. Sample ini dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil cetakan desain pada bahan tiket gelang yang sudah ditentukan.