Social media marketing adalah bagian penting dari pemasaran di era digital.  Apalagi masyarakat Indonesia memang dikenal sebagai masyarakat yang gemar berinteraksi di ruang-ruang sosial. Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat digemari oleh masyarakat.

Tak heran jika pelaku bisnis menggunakan instagram sebagai salah satu alat pemasaran bisnis mereka.  Platform ini dapat menjangkau pengguna di seluruh dunia juga menawarkan fitur-fitur yang menunjang pemasaran produk seperti insight dan iklan.  Dibandingkan beriklan di televise ataupun surat kabar, memasarkan produk melalui media sosial juga cenderung lebih hemat.

Tips Meningkatkan Jumlah Followers Instagram Untuk Para Pebisnis Online

4 Langkah Meningkatkan Jumlah Followers Instagram

Jumlah followers instagram sangat memengaruhi jangkauan pemasaran. Semakin banyak followers maka semakin luas pula jangkauan bisnis kita.  Selain itu, akun bisnis yang memiliki banyak jumlah followers cenderung lebih dipercaya oleh calon konsumen.  Hal ini sangat berguna sebab perilaku konsumen saat ini selalu mencari referensi produk/jasa yang akan dibeli melalui internet, termasuk media sosial.  Berikut ini adalah tips agar jumlah followers akun bisnis kita bertambah:

1. Persiapkan Konten dan Caption

Konten pemasaran adalah raja.  Inilah sebabnya kita harus benar-benar mengalokasikan waktu untuk menyusun konten dan caption yang akan kita update melalui laman instagram.  Salah satu teknik pemasaran yang selalu disukai oleh konsumen adalah storytelling atau bercerita.

Tampilan visual memang sangat penting, namun deskripsi atau cerita di dalamnya juga tidak bisa diabaikan.  Kedua faktor ini saling berpengaruh di dalam pemasaran dan meningkatkan jumlah followers instagram.  So, jangan pernah mempublikasikan gambar ataupun video tanpa caption.

2. Lakukan Interaksi dengan Followers

Mengelola akun media sosial bisnis tidak cukup hanya dengan memposting konten secara regular.  Kita juga harus merancang dan melakukan interaksi sesuai dengan karakter pengguna.  Contohnya jika kita memiliki bisnis yang menyediakan aksesori untuk kucing, kita dapat menarik minat interaksi pengguna dengan membagikan konten yang berkaitan dengan kucing.

Contoh lainnya, jika kita menawarkan produk atau jasa katering.  Kita bisa memposting informasi mengenai bahan-bahan masakan, proses memasak, hingga tips membuat masakan yang enak dan sehat.  Dengan demikian, pengguna akan tertarik dan memberikan interaksi meskipun hanya komentar singkat.

3.  Gunakan Hastag untuk Selalu Update Tren 

Cara termudah bagi sebuah merek untuk mendapatkan jangkauan yang luas di instagram adalah dengan melakukan riset hastag , contoh #jasa backlink pbn.  Cari jenis hastag yang populer lalu tampilkan di setiap postingan instagram.  Agar caption tetap terlihat rapi, masukkan hastag di kolom komentar.

Untuk pelaku bisnis lokal, yang memiliki jangkauan hanya di kota tertentu.  Riset hastag perlu dilakukan dengan lebih detil, terutama pada hal-hal populer yang ada di sekitar lokasi bisnis kita.  Untuk bisnis kafe misalnya, lakukan riset hasta yang berkaitan dengan pusat keramaian di sekitar lokasi kafe.  Jika tampilan visual dan caption yang kita bagikan menarik, pengguna instagram yang melihat postingan melalui fitur hastag tentu akan mengikuti akun kita.  Dengan demikian jumlah followers instagram akan terus bertambah.

4. Manfaatkan Alat Otomasi

Cara paling mudah untuk mendapatkan followers instagram dalam jumlah banyak adalah dengan menggunakan alat otomasi.  Cara ini dapat otomatis berjalan saat kita sibuk dan tidak sempat mengelola akun instagram kita secara manual.  Contoh alat otomasi yang bisa digunakan adalah SocialDrift.

SocialDrift dapat menyesuaikan target pemirsa dari postingan bisnis kita.  Ia juga akan mengoperasikan akun kita untuk menyukai dan mengomentari postingan yang relevan.  Tentu cara terbaik untuk meningkatkan followers dan interaksi adalah dengan cara-cara manual atau organik.  Namun, penggunaan alat otomasi juga dapat membantu mempercepat target jumlah followers akun bisnis kita.

Beberapa tips diatas dapat diterapkan oleh semua pemilik bisnis yang melakukan pemasaran melalui instagram.  Seiring dengan upaya optimasi pemasaran melalui platform media sosial, jangan lupa untuk terus meningkatkan pelayanan secara riil.  Sebab, pelanggan pasti akan pergi ketika apa yang kita bagikan di media sosial tidak sesuai dengan kenyataan.